Saturday, October 1, 2011

Meningkatkan Daya Ingat

Sering lupa??


Berarti anda memiliki masalah dengan ingatan anda. Daya ingat yang kurang dapat menganggu semua kinerja anda dalam semua aktivitas berpikir. Berikut ini 7 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat sekaligus terus menjaga kesehatan sejalan dengan meningkatnya memori otak.


1. Sayuran
Makanan ini mengandung banyak nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan ini mengandung asam folat dan vitamin E, tidak hanya itu sayuran juga mengandung vitamin B6 dan B12 yang merupakan senyawa penting untuk mendobrak tingkat homosistein. Homosistein adalah asam amino (bagian terkecil dari protein) yang merupakan produk antara dalam siklus metionin menjadi sistein.


Vitamin E yang dikandung sayuran juga baik untuk kulit cukup besar dan karena itu vitamin E menjadi bagian penting dari hampir semua produk perawatan kulit. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya radikal bebas, polusi dan obat-obatan. Hal ini memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, yang pada gilirannya berfungsi untuk melawan berbagai penyakit kulit. Vitamin E juga melindungi kulit dari radiasi ultraviolet yang berbahaya dan tetap membuatnya tampak lebih muda dan sehat. Vitamin E ini juga terkandung dalam buah Avocad yang kaya akan antioksidan vitamin E.
Selain itu kadar asam folat yang tinggi sangat berguna untuk ibu hamil dan kesehatan janinnya. Tapi, jangan terlalu berlebihan dalam konsumsi asam folat bagi ibu hamil.


2. Kacang tanah dan selai kacang

Makanan ini dapat membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat dan mampu berfungsi dengan baik. Kacang tanah dan selai kacang banyak mengandung lemak, terutama lemak nabati. Tetapi, meskipun mengandung banyak lemak, makanan ini tetap mengandung lemak sehat. Selain itu kandungan protein yang dimiliki kacang lebih tinggi daripada daging, telur, dan soya.



3. Buah Berry

Makanan ini mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dalam meningkatkan daya ingat. Berbagai macam buah berry seperti anggur, raspberry, stroberi, blueberry, serta buah berry lainnya. Selain meningkatkan fungsi otak, buah berry juga mampu meningkatkan kapasitas memori otak.



4. Biji-bijian
Makanan ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga meningkatkan efektifitas dalam berpikir. Berbagai macam biji-bijian yang dapat dimakan yaitu seperti oatmeal, beras merah, dan gandum. Makanan itu juga bermanfaat bagi kesehatan, terutama oatmeal. Oatmeal sendiri merupakan serat larut yang bersifat seperti spons yang bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan zat-zat lainnya di sistem pencernaan untuk kemudian dibuang setelah melalui usus besar. Jadi, dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol.
Selain itu biji matahari juga dapat dapat digunakan untuk menyehatkan otak. Rasanya yang enak dapat memudahkan menkonsumsinya.


5. Ikan
Terutama ikan laut, banyak ikan laut (salmon, tuna, ikan haring) yang memiliki kandungan tinggi omega 3. Omega 3 (asam lemak) berfungsi melindungi kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta mampu menurunkan tekana darah. Omega 3 juga mampu untuk menyimpan informasi baru sementara masih mengingat informasi lama.


6. Ginkgo Biloba
Ginkgo biloba terkenal bermanfaat bagi kesehatan otak. Ginkgo biloba memperlancar aliran darah perifer ke otak, sehingga oksigen lebih masuk ke otak. Ginkgo biloba juga dapat melumpuhkan radikal bebas dengan kandungan antioksidan di dalamnya.





Jadilah sehat sebagai investasi anda di masa depan. Memulailah gaya hidup sehat dari otak anda. 

2 comments:

  1. om, soya ya biji-bijian....
    kn soya kcng kedelai....

    ReplyDelete
  2. loh itu gan kn gw blang kandungan protein kacanng tanah itu lebih tinggi dripada soya...begitu gan

    comment yg bgus...
    ini lg cri pengalaman nulis artikel...misal ada yg blum jelas...mohon maaf

    ReplyDelete

Thanks ! ! for leave a comment...