Sunday, June 17, 2012

Daily Pharmacy III


DAILY PHARMACY III: MAAG   

MAAG

Maag atau disebut radang lambung, gastritis, atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung yang disebabkan terjadinya luka atau peradangan pada lambung. Luka ini menyebabkan sakit, mules, dan perih pada perut. Faktor penyebabnya adalah perusak mukosa lambung lebih besar daripada yang melindungi pertahanan mukosa lambung.
                Pada penderita maag, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut luka. Selain luka pada dinding lambung, terdapat luka pada usus 12 jari. Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis.


                Radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Radang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung dan menimbulkan perdarahan diseluruh lapisan dinding lambung dan menimbulkan perdarahan ( hemorrhagic gastritis ) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul dilambung. Penderita akan muntah yang muntahannya mengandung darah cokelat seperti kopi. Pada penderita radang lambung akut, sering mengeluhkan adanya suatu gejala dengan perasaan lambung tak enak,kram perut,indigesti (gangguan pencernaan makanan), nafsu makan berkurang, mual dan muntah. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung dalam beberapa jam hingga beberapa hari . Sementara itu, pada penderita radang lambung kronis memiliki gejala yang sama atau rasa tak nyaman yang ringan. Sering gejala tersebut samar-samar seperti tidak toleran terhadap makanan berlemak atau pedas. Bahkan, bisa saja bila terjadi serangan ringan akan dapat diatasi dengan makan.

Penyebab maag yang paling umum adalah waktu makan yang tidak teratur, terlambat makan sehingga terjadi produksi asam lambung berlebih, terdapat mikroorganisme merugikan( helycobacter pylori-menyebabkan maag kronik), dan mengonsumsi obat-obatan tertentu serta bisa pula karena stress( lebih sebagai pemicu). Sakit maag bisa sembuh, tetapi tidak bisa sembuh total. Suatu saat, maag dapat kambuh apabila penderita tidak memperhatikan pola makananya, terlalu banyak makan, atau sebab lain yang memicu maag (makan-makanan yang pedas, asam). Obat-obatan  yang berdosis tinggi seperti asetosal, antiinflamasi non-steroid ( seperti ibuprofen dan naproxen), serta suplementasi kalium umumnya menyebabkan gangguan lambung. Menelan zat kimia yang bersifat korosif (seperti asam maupun larutan bersifat basa), atau alkohol juga menyebabkan maag.

Beberapa  faktor-faktor lain  yang menyebabkan Radang Lambung:
  • Adanya stres dan tekanan emosional yang berlebihan pada seseorang
  • Adanya asam lambung dan pepsin yang berlebihan
  • Mukosa (selaput lendir) lambung tak tahan terhadap asam lambung dan pepsin yang berlebihan karena menurunnya kemampuan fungsi mukosa lambung tersebut.

Kategori obat pada gastritis
  • ·         Antasid : menetralisir asam lambung dan menghilangkan nyeri
  • ·         Acid blocker : membantu mengurangi jumlah asam lambung yang diproduksi, misal Ranitidin
  • ·         Proton pump inhibitor : menghentikan produksi asam lambung, misal Omeprazole
  • ·         Cytoprotective agent : melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus, misal Sukralfat
  • ·         Antibiotik : menghancurkan bakteri, misal Amoksisilin, Metronidazol

                Mengatasi penyakit maag biasanya dengan menggunakan obat untuk mengurangi asam lambung. Hal ini dapat membantu mengurangi keluhan gejala serta mempercepat penyembuhan ( karena asam lambung mengiritasi jaringan yang mengalami peradangan).

Cara Pencegahan Sakit Maag
·         Atur pola makan yang baik dan teratur (Hindari makanan berlemak dan berminyak, banyak makan makanan berserat)
·         Hindari minuman yang mengandung alkohol
·         Berolahraga secara teratur
·         Berhenti merokok
·         Hindari penggunaan obat-obatan terutama yang mengiritasi lambung (Aspirin)
·         Kurangi stress karena stress dapat memicu pengeluaran asam lambung

Cara Pencegahan secara alami/tradisional

                Menurut Hembing Wijayakusuma, tumbuhan obat di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung. Antara lain ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung, dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

-  30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
- 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat.
- 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat
- 3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat.

Catatan:
Anda dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas. Lakukan secara teratur sehari 2 kali. Dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah.

Daftar Pustaka

Akmal, Mutaroh dkk. 2010. Ensiklopedia Kesehatan Untuk Umum. Ar-Ruzz Media.Yogyakarta

No comments:

Post a Comment

Thanks ! ! for leave a comment...